Langsung ke konten utama

Kejujuran Makin Langka, Korupsi Makin Merajalela

Korupsi
Hampir setiap hari, kita disuguhi oleh media baik melalui media cetak, elektronik, maupun online, tentang berbagai informasi terkait persoalan yang menjadi beban berat bangsa kita ini dan belum pasti kapan persoalan tersebut akan berakhir. Salah satu persoalan yang selalu menjadi perbincangan hangat (hot topic) untuk dikabarkan adalah korupsi.
Persoalan korupsi di negeri kita yang telah merdeka 67 tahun lalu ini sudah sangat memprihatinkan. Diibaratkan orang, di usia tersebut, semestinya negeri ini telah menikmati kesejahteraan dan kemakmuran, namun yang terjadi adalah saat ini, penyelewengan atas kekuasaan dan kewenangan semakin merajalela. Tindak penyelewengan atas kekuasaan dan kewenangan yang disebut sebagai korupsi telah menyeret banyak kalangan elit seperti anggota Dewan Perwakilan Rakyat baik di tingkat pusat maupun daerah, pengurus partai politik, dan pejabat-pejabat negara lainnya untuk berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lihat saja perkembangan terkini Kasus Hambalang, sebagaimana kita ketahui bersama, banyak elit yang terlibat di dalam kasus tersebut seperti Nazarudin (mantan bendahara partai politik), Angelina Sondakh (mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI), Andi Mallarangeng (Mantan Menteri Pemuda dan Olah Raga RI) serta beberapa pejabat lainnya.

Kejujuran
Membicarakan tentang kejujuran, terkadang yang paling awal muncul dalam pikiran kita adalah suatu pertanyaan apakah kejujuran itu masih ada? Jujur, satu kata yang mudah diucapkan namun sulit dalam implementasinya. Di saat kita jujur, terkadang lingkungan sekitar kita telah terkontaminasi oleh ketidakjujuran. Lingkungan yang telah tercemar tersebut, dapat mempengaruhi diri kita hingga menyebabkan kita terbawa arus sehingga menjadi pribadi yang tidak jujur. Bisa menjadi pribadi yang jujur di tengah lingkungan yang tidak jujur itu baru langka, pribadi yang luar biasa.
Kejujuran dan korupsi, dua hal yang bertolak belakang. Kejujuran merupakan hal yang terpuji sedangkan korupsi merupakan hal yang tercela yang lambat laun namun pasti merusak negeri. Kejujuran yang semakin langka, mengingatkan memori kita akan sosok Agus Chaerudin (35). Di tengah maraknya kasus korupsi yang dilakukan para petinggi negeri ini, kejujuran yang dimiliki Agus Chaerudin sungguh luar biasa. Agus bukanlah pegawai tingkat atas. Ia pegawai rendah Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Cabang Pembantu (KCP) Kalimalang, Plaza Duta Permai, Jakasampurna, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat.
Suatu hari, di bulan Ramadhan tepatnya 12 Agustus 2012 lalu, Agus menemukan uang Rp 100 juta di tempat sampah dekat teller. Tanpa pikir panjang, ia pun mengembalikan seluruh uang tersebut. Melihat uang itu Agus tak silap mata. Dia pun sama sekali tak menyentuh uang itu. “Saya langsung teriak memanggil satpam,” jelas Agus yang sudah bekerja 3 tahun di bank itu. Agus, ayah 3 anak yang masih tinggal bersama mertua ini mengaku, orang tuanya selalu mengajarinya untuk tak menjadi pencuri. Kejujuran harus diutamakan.
Agus pun dianugerahi piagam penghargaan dari BSM Cabang Bekasi saat acara kumpul bersama di area wisata di Ciloto, Cianjur, Jawa Barat, pada 2012 dan mendapat apresiasi dari BSM Pusat dalam Gathering Ke-13 BSM.

Kesimpulan
·   Korupsi yang semakin merajalela harus diberantas sampai tuntas. Korupsi, lambat laun namun pasti akan menghancurkan negeri sehingga pihak yang terlibat harus dijatuhi hukuman berat yang membuat jera pelakunya.
·   Kejujuran semakin langka didapatkan, namun kisah Agus Chaerudin di atas, menginspirasi banyak orang untuk menjadi salah satu panutan terutama tentang kejujuran.

Sleman, 19 Maret 2013
JONO.noor

>> == <<

Komentar

  1. If you're trying hard to burn fat then you have to try this totally brand new tailor-made keto meal plan.

    To design this keto diet, licensed nutritionists, fitness couches, and cooks have united to develop keto meal plans that are efficient, convenient, cost-efficient, and fun.

    From their first launch in early 2019, 100's of people have already remodeled their figure and health with the benefits a good keto meal plan can give.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover 8 scientifically-tested ones provided by the keto meal plan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal UAS Mata Kuliah : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)

KERJAKAN 5 (LIMA) DARI 10 SOAL YANG TERSEDIA !! Setiap Warga Negara Indonesia dapat menjadi anggota Komnas HAM. Jelaskan syarat untuk dapat diangkat sebagai anggota Komnas HAM (sesuai UU No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia). | KUKUH SUPRIHATIN Dalam perkembangannya, demokrasi menjadi suatu tatanan yang diterima dan dipakai oleh hampir seluruh negara di dunia. Sebutkan ciri-ciri suatu pemerintahan yang menganut paham demokrasi. | SUJONO Apakah yang dimaksud dengan “masyarakat madani”. Uraikan dengan jelas ?. | BARIDA QODRIATI Berikan beberapa contoh (minimal 2) pelanggaran HAM di Indonesia yang dilakukan oleh (aparatus) negara kepada warganya !. | SITI MUNAWAROH Akhir-akhir ini muncul kelompok yang dikenal dengan nama NII (Negara Islam Indonesia). Sepengetahuan anda kelompok apakah itu ?. Mengapa banyak mahasiswa di berbagai perguruan tinggi “terjebak” dalam NII ?. |IMAM MAKHFADI Jelaskan pengertian “diskriminasi yang melanggar hukum” dalam lingkungan kerja and

Nilai Matematika Diskrit Genap 11-12

No. No. Mhs Nilai UTS   Nilai Final 1 3035113029 - E 2 3075113002 - E 3 3095113036 - C 4 3105113001 - B 5 3105113002 - B 6 3105113003 - B 7 3105113004 - D 8 3105113005 - D 9 3105113006 - A 10 3105113007 - B 11 3105113009 - A 12 3105113011 - B 13 3105113012 - E 14 3105113013 - A 15 3105113014 - C 16 3105113017 - B 17 3105113019 - E

Android 2.2 Froyo

Google Android merupakan sistem operasi terbuka buatan Google Corp, berbasis Unix dan memiliki interface dan dukungan fitur yang canggih membuat Android dapat menjadi saingan OS Mobile yang lain seperti windows mobile atau OSX iPhone. Android sebagai platform baru yang dirilis oleh Google mendapatkan sambutan yang begitu ramai. Bahkan banyak vendor pembuat handphone berlomba-lomba untuk mengeluarkan produk smartphone terbaru mereka dengan mengusung Android di dalamnya.  Nexus One Berdasarkan rilis statistik terbaru dari Google mengenai distribusi versi Android pada handset dan tablet PC di seluruh dunia, diketahui, versi 2.2 atau Froyo menguasai 61,3 persen perangkat Android yang ada. Angka itu didapat berdasarkan data yang dikumpulkan selama dua pekan, yang berakhir pada 15 Maret. Data ini mencatat jumlah perangkat yang mengakses Android Market pada periode tersebut. Kini era Android 2.2 Froyo yang banyak menjanjikan peningkatan kemampuan dan juga tentunya fitur-fitur te